image1 image2 image3 image4

WAJAH BARU LAJAMAL BLOG|NANTIKAN ARTIKEL KAMI|REVIEW, TUTORIAL AND ANYTHING...

Cara Menulis Artikel yang Baik.

Sebagai seorang Blogger mungkin harus selalu meng-Update Blognya karena apabila tidak maka anda akan kehilangan Traffic. Artikel yang menarik akan menarik banyak pengujung ke Blog anda.
Berikut adalah cara menulis artikel yang baik :      
  • Kuasai topik artikel yang akan anda tulis.
Untuk menulis sebuah artikel, anda harus menguasai terlebih dahulu topiknya. Jika anda seorang Takhnik Komputer, tentu sangatlah menguasai tentang Komputer. Untuk membahas tentang perkembangan terbaru misalnya, tidaklah sulit bagi Anda untuk menuliskannya dan ide akan terus mengalir, hingga pembaca merasa puas.
  • Buat Judul Yang Menarik Perhatian Orang Untuk Membacanya.
Sebuah tulisan rata-rata yang dibaca pertama kali adalah Judul. Jika Judulnya menarik perhatian, hampir dapat dipastikan orang pasti akan membaca keseluruhan isinya. Misalnya Anda yang sedang membaca tulisan ini. Bukankah Anda membaca artikel ini karena Anda tertarik dengan Judul Artikel saya?. iya tooo???... 
  • Buat Garis Besar Tulisan.
Contoh awalnya anda ingin menuli tentang cara meningkatkan proses loading page, tapi tulisan anda melenceng  terlalu jauh kepermasalahn yang lain seperti misalnya cara membuat Blog, kan gak nyambung. Untuk membuat agar artikel Anda tetap sesuai dengan judul, buatlah point – point garis besarnya, sehingga Anda tidak sampai melenceng terlalu jauh.
  • Buat Tulisan yang  Langsung pada Point.
Banyak orang tidak punya banyak waktu untuk membaca di internet. Oleh karena itu buatlah tulisan yang langsung mengena sesuai dengan judul yang dibahas. Jangan terlalu bertele-tele dengan kata lain singkat padat dan jelas, bukan singkat padat dan tidak jelas. 
  • Hindari “me oriented”, dan ganti dengan “you oriented”
Target dari tulisan Anda adalah untuk pengunjung. Saat ini Anda adalah pengunjung yang sedang membaca artikel saya. Kalau Anda cermati, saya selalu menuliskan “Anda, anda dan Anda”. Cara ini akan membuat akan pembaca artikel Anda merasa bahwa merekalah yang sedang Anda ajak bicara. Merekalah yang menjadi perhatian tulisan Anda.
Prinsipnya : pikirkan bahwa mereka pasti dapat keuntungan dari tulisan Anda.  
  • Buat sebuah kesimpulan di akhir artikel Anda.
kesimpulan adalah sebagai penutup dari semua pembahasan Anda. Mungkin sebagian pembaca tidak mengerti arah dari pembahasan Anda. Oleh karena itu perlu disimpulkan di akhir maksud dari seluruh pembahasan Anda tersebut. Agar lebih jelas tepat sasaran nantinya.  
  • Cantumkan sumber tulisan.
Jika anda menuliskan sebuah artikel dengan mencuplik beberapa kalimat dari sumber lain, cantumkan alamat sumber tersebut di bagian bawah tulisan. Hal ini untuk menghindari tuduhan bahwa Anda adalah “pencuri” ide/pikiran orang lain. Atau dengan kata lain adalah Anda sedang membuat  “Plagiat”. Tidak enak bukan jika seandainya pemilik artikel itu berkomentar dan menanyakan dari mana sumber tulisan tersebut padahal Anda tahu bahwa tulisan tersebut berasal dari dia ? Jadilah seorang penulis yang profesional dan jujur. Pembaca tentu akan lebih sangat menghargai tulisan Anda.

Dari semua pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa :  

Tulislah artikel yang anda kuasai, dan pikirkan keuntungan apa yang pembaca Anda akan peroleh. Selalu cantumkan sumber penulisan di bagian bawah artikel.

Selamat Menulis!

Sumber : kerja-keras.com dengan modifikasi

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar