image1 image2 image3 image4

WAJAH BARU LAJAMAL BLOG|NANTIKAN ARTIKEL KAMI|REVIEW, TUTORIAL AND ANYTHING...

INTERNET SEHAT BIKIN HEBAT

[artikel ini adalah hasil pemindahan dari  tulisan saya sebelumnya di "http://lajamal.blogspot.com/p/festival-blog-2010.html", mohon maaf jika sekiranya jika ada kesalahan]

Kata Internet sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga kita karena sudah menjadi gaya hidup masyarakat, orang dewasa, para mahasiswa, pelajar sampai anak kecilpun sudah sering mengenal yang namanya internet, jadi apa itu Internet?, pengertian secara  sederhana Internet merupakan hubungan antara jutaan komputer diseluruh dunia antara satu dengan yang lainnya melalui sambungan telepon, satelit maupun dengan koneksi wireless. Setelah terhubung ke Internet (log on) maka kita diberikan hak akses ke komputer lain diseluruh dunia yang terhubung juga dengan Internet, perumpamaan kecil tentang si pintar Internet yaitu ibaratkan seorang pengantar makanan, kita hanya menghubungi apa yang ingin dipesan sewaktu log On akan sesegera mungkin ditampilkan dilayar monitor anda, cuman bedanya yaitu karena aksesnya sangat cepat hanya hitungan beberapa detik maka proses loadingnya akan selesai.

Nah dari sedikit pemahaman tentang Internet diatas, anda pasti bisa menafsirkan tentang apa itu Internet dan "Tahukah anda?" asal mula Internet tersebut?, (*Jika sudah tahu atau tidak berminat untuk baca asal-muasal Internet silahkan loncat keparagraf berikutnya) , Internet dimulai pada 1966, oleh A.R.P.A (Advanced Research Project Agency – Salah satu divisi di departemen pertahanan U.S.) dengan ide yang sangat simpel: membuat jaringan komputer militer yang mampu bertukar data dari tempat yang jauh. Di tahun 1969, ARPA dengan ARPANET-nya berhasil menghubungkan dua komputer di University of California, Los Angeles dan SRI International di Menlo Park, California pada tahun 1974 mulai diperkenalkan dan menjadi sangat populer dan diterima pada tahun 80-an dan terus berkembang pesat sampai detik ini.

Dalam Internet kita bisa mengakses informasi tanpa batas, mulai dari hal yang paling sederhana sampai hal yang sangat penting. di sisi lain tentang Internet, yaitu banyak sekali situs yang tidak layak untuk di publikasikan karena bertentangan dengan norma-norma dan budaya bangsa kita. Sehingga tak sedikit peluang untuk menyalahgunakan fasilitas yang ada dalam internet, contohnya seperti beberapa hari kemarin yang diberitakan Tribun-Timur.com tentang pemerkosaan dua orang Mahasiswa di Makassar oleh seseorang yang dikenalnya lewat situs jejaring sosial, akibat dari penyalahgunaan Internet sangat berdampak sekali pada generasi mudah pada saat ini dan masih banyak lagi kasus lainnya akibat dari penipuan di Internet.

Internet Sehat Bikin Hebat
Di lingkungan sekitar kita pun sepertinya tak asing dengan hal seperti itu, tetapi kita jangan terbawa dan termasuk remaja yang tidak bermoral, sehingga kita harus pandai memilah dan memilih fasilitas dalam internet dan harus menggunakannya dengan sebaik-baiknya seperti  untuk hal positif agar bermanfaat untuk penggunanya. Maka dari itu marilah berinternet secara sehat agar terhindar dari bahaya Internet. contoh hal yang menurut saya hal yang sangat Positif adalah dengan nge-Blog, ini adalah merupakan salah satu sarana pembelajaran yang menarik dan sangat menantang.

Saya pribadi adalah sesorang yang baru aktif (Newbie) menggunakan Internet sekitar 6 Bulan, awalnya saya tidak begitu paham akan apa itu Internet akan tetapi jalan beberapa bulan akhirnya saya mulai mengerti akan sedikit demi sedikit tentang Internet, memang benar kata Guru T.I.K-ku, " Internet itu merupakan jendela rumah kalian, biarpun kalian cuman duduk manis dirumah tapi kalian ibaratkan keliling dunia", begitulah ucapan guruku, meski semasa SMA-ku belum pernah menggunakan yang namanya Internet dan hanya bermodalkan hayalan-hayalan disertai tanda tanya akan internet itu sendiri, yang diajarkan kepada kami hanyalah tentang sejarah singkat Internet dan penemunya, tapi meski hanya itu yang sempat saya pelajari saya merasa cukup senang atas pelajaran yang saya dapatkan waktu itu. Inilah mungkin yang membedakan masyarakat dikota dengan di pedesaan, orang-orang dikota tinggal mengembangkan pengetahuannya sedangkan dipedesaan baru diajarkan mengenal arti internet, sungguh amat memprihatikan..., tapi ini fakta yang ada di Negara kita.


Internet memang sangat populer sampai saat ini, berjuta-juta orang mengakses Internet setiap harinya di seluruh penjuru dunia dengan berbagai maksud dan tujuan, sungguh mulia jasa-jasa orang yang menemukan Internet tersebut, berikut manfaat jika seseorang mempunyai akses ke Internet;

[1.]  Informasi untuk kehidupan pribadi :
  • Kesehatan
  • Rekreasi
  • Hobby
  • Pengembangan Pribadi
  • Rohani
  • Sosial.

[2.] Informasi untuk kehidupan profesional/Pekerja :
  • Sains
  • Teknologi
  • Perdagangan
  • Saham. Komoditas
  • Berita Bisnis
  • Asosiasi Profesi
  • Asosiasi Bisnis
  • Berbagai Forum Komunikasi.
   
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan Internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor-faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat Internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. 


Untuk lebih meningkatkan kualitas Internet di Indonesia agar menjadi Internet sehat yang membuat anda Hebat!,   alangkah baiknya  anda baca dulu tentang arti Internet Sehat klik"disini" dan "disini", agar kita pahami dan dapat menghindari mengakses situs-situs yang tidak seharusnya dan tidak layak untuk dibuka, dan saya juga turut bangga atas partisipasi Telkom Indonesia karena telah memfilter situs-situs yang mengandung unsur Pornografi, penjudian. Demi untuk kenyamanan pengguna Internet di Indonesia dan tercapainya , Marilah Kita Berinternet Sehat dan berkarya untuk negara kita tercinta. banyak hal positif yang bisa kita lakukan di Internet. Berikut beberapa situs sosial network yang membanggakan karena hasil karya anak bangsa kita sendiri, sebagai wujud apresiasi dari berinternet sehat,

  1. Indogoo.com adalah sebuah social network baru yang cukup cepat berkembang dan diterima di Indonesia. Visi mereka adalah menciptakan sebuah image baru yang mengedepankan perkembangan teknologi khususnya teknologi web dan internet di Indonesia. Menurut mereka banyak programmer Indonesia yang mampu bila bergotong royong untuk membuat atau menciptakan teknologi yang sama dengan teknologi web pihak luar. Akan tetapi siapa yang mau memulai, siapa yang akan mendukung dan siapa yang akan bergabung adalah langkah semangat mereka untuk berjuang.  Indogoo.com mulai online pada tanggal 11 Januari 2010 dan terus dikembangakan sampai detik ini. Perjuangan mereka masih sangat panjang untuk menuju sesuai dengan visi dan misi yang telah mereka rencanakan. Saat ini indogoo terus dikembangkan baik secara insfrastruktur maupun teknologi software yang mereka kembangkan. Harapan mereka saat ini adalah investasi fresh yang akan mendukung langkah-langkah mereka sesuai dalam pengembangan teknologi ini. Mereka yakin dengan kemampuan komunitas yang dan langkah pemasaran yang mereka miliki, Indogoo.com akan sangat cepat berkembangan dan diterima oleh seluruh pihak di Indonesia dan mereka yakin untuk dapat menandingi ketenaran social network luar yang sudah lebih dulu booming di Indonesia.
     
  2. Koprol.com merupakan jejaring sosial berdasarkan lokasi yang ditujukan untuk kota – kota di Indonesia, Koprol memberitahu lokasi sesama pengguna Koprol serta menghubungkan sesama penggunanya yang berada ditempat yang sama. Jejaring sosial ini menggunakan metode berbasis lokasi. Disini ponsel pengguna dapat bersifat seperti GPS tanpa aplikasi GPS dari ponsel itu sendiri. Koprol menyediakan sejumlah pilihan tempat dimana penggunanya bisa check-in di lokasi tersebut. Setelah masuk log, di sini pengguna bisa melihat siapa saja anggota lain yang sedang berada di lokasi yang sama, dan masih banyak lagi seperti, FUPEI, Adandu, DIGLI, Otofriends, LILO, Kongkoow, Kenalan Yuk, My Pulau, KID Net, Kombes, Indoface, Info24jam, Okeycall.

Itulah beberapa Sosial Network yang ada di Indonesia meski tidak seperti Facebook ataupun Twitter akan tetapi saya rasa cukup bisa diandalkan dan patut diacungi jempol karena beberapa situs tersebut menurut saya lebih baik daripada sosial network milik negara asing, jadi andakah nantinya yang akan jadi seorang Interneters Sehat yang bikin Indonesia Hebat!!!. Saudara sebangsa dan setanah airku, sampai kapankah kita berdiam diri seperti ini ,banyak hal positif yang bisa kita lakukan selain hanya duduk berpangku tangan dan menyaksikan orang lain meraih kesuksesannya. Marilah berusaha menjadi yang terbaik dan buktikan kalau Indonesia juga bisa.
 * * *

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar